Bisnis Online, Kenapa Enggak?

“Masih jualan? Kirain vacuum?”

“Meeting sama vendor penjahit? Masih produksi?”

 

Kadang bingung sendiri sih jawabnya, haha. Secara clothing line saya masih dalam proses terbangun dari mati suri yang berkepanjangan. Hal ini terjadi pasca saya dan penjahit saya memutuskan kontrak sejak pertengahan 2016 lalu. Jadilah saya agak pilah-pilih dan kudu tahu bibit, bebet, dan bobot penjahit yang akan saya ajak kerjasama kelak. Selain itu, sejumlah akun sosial media bernamakan merk dagang saya juga tengah berada dalam proses maintenance. Yup! Karena beberapa pelanggan setia saya sudah ada yang kecantol dengan lapak jualan lain dengan harga yang jauh lebih miring. Makanya, saya lagi getol banget mempelajari sejumlah platform untuk menambah pelanggan baru sembari mencari vendor penjahit, menambah ide desain, dan mengamati trend busana.

Platform yang berhasil menarik perhatian saya yaitu Google Bisnisku. Setelah ikut event WomenWill yang diadakan pihak Google Indonesia pada Selasa, 26 September lalu, saya takjub sendiri. Kenapa?  Karena Google Bisnisku terhubung dengan Google+ dan Google Map. Jadi, kalau ada pelanggan atau orang awam yang belum mengenal produk usaha kalian, mereka bisa menemukan lokasi usaha dengan bantuan Google Map. Enak banget kan?

 

untitled

Apalagi nih, informasi yang akan muncul pada Google lengkap banget. Termasuk alamat, jam buka dan tutup toko, nomor telepon, dan foto jenis usaha. Wah… enggak kebayang bisa semudah itu menshare lapak jualan melalui dunia maya. Cara daftarnya juga gampang banget:

  1. Klik Google Bisnisku, dan akan muncul gambar seperti dibawah ini

untitled 2

  1. Kalau sudah, klik Mulai Sekarang bagi anda yang telah memiliki akun

 untitled 3

  1. Isi data terkait usaha kalian pada kolom yang tersedia

untitled 4

  1. Jangan lupa untuk menggeser panah merah ke alamat tempat usaha kalian

untitled 5

  1. Setelah itu jangan lupa kasih garis centang pada kolom yang tertera dan klik “Lanjutkan”.

untitled 6

 

Setelah itu, kalian bisa duduk-duduk cantik sambil menunggu kode verifikasi yang akan dikirim oleh pihak Google melalui pos. Enaknya lagi, daftar bisnis kalian di Google Bisnisku tidak dipungut biaya sama sekali. Bahkan banyak banget keuntungan yang bisa kalian peroleh, semisal menemukan pelanggan baru, meningkatkan efektivitas kerja, dan mengembangkan peluang bisnis.

 

IMG20170926114205

 

Apalagi, 82% netizen di Indonesia mencari informasi mengenai toko menggunakan internet atau Google Maps. Yuhuuu… sekarang bisnis online jadi gampang, gag butuh waktu lama, dan mendunia.

 

IMG20170926131453
Saya dan Bila saat menghadiri event WomenWill

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s